Home » » CARA INSTALL WEB SERVER (APACHE) FREEBSD

CARA INSTALL WEB SERVER (APACHE) FREEBSD

Written By Unknown on Kamis, 30 Mei 2013 | 19.52


CARA INSTALL WEB SERVER (APACHE) FREEBSD

Apache akan menjadi salah satu komponen server penting bila server akan dipergunakan untuk keperluan sebagai web server. Aplikasi ini mampu menjalankan berbagai parameter dan fungsi-fungsi penting web sekaligus bekerja sebagai protokol akses file web. Berikut akan dijelaskan cara menginstall apache di FreeBSD.

Langkah-langkahnya.

1. Masuk ke folder /usr/ports/www/apache22

# cd /usr/ports/www/apache22

2. Masukkan perintah make config untuk melakukan setting install, kemudia pilih fitur aplikasi yang ingin disertakan dalam paket install

# make config


3. Setelah selesai, masukkan perintah make install clean untuk menginstall sekaligus membersihkan file package temporarinya. Tunggu hingga instalasi selesai. Bila di tengah install diminta untuk mensetting sesuatu, langsung tekan OK saja agar settingnya default.

# make install clean


4. Setelah instalasi selesai, selanjutnya edit file /etc/rc.d . Tambahkan perintah-perintah berikut agar service langsung dijalankan ketika boot.

apache22_enable="YES"

apache22_http_accept_enable="YES"

5. Setelah selesai, reboot komputer.

6. Test konfigurasi apache dengan perintah berikut

apachetl configtest

# apachectl configtest

7. Jika setting dengan sudah benar, coba akses alamat ip instalasi FreeBSD menggunakan bworser. Bila sukses, akan muncul halaman yang memberi tanda kalau halaman server sudah bekerja.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar